10 Festival Paling Berwarna di Seluruh Dunia

Hai, apa kabar! Musim panas sebentar lagi tiba, jadi saatnya memikirkan rencana liburan. Bagaimana kalau mengunjungi salah satu festival warna-warni di seluruh dunia? Daripada hanya berjemur di pantai, lebih seru rasanya menyaksikan upacara adat unik dari negara lain.

Nah, berikut ini ada 10 festival paling berwarna yang wajib masuk dalam bucket list. Mulai dari Holi di India, festival cahaya di Thailand, hingga karnaval di Rio de Janeiro. Siap-siap kamera dan pakaian putih bersih, karena kamu akan pulang dengan tubuh penuh cat dan kenangan tak terlupakan.

Jadi, mau ke mana dulu nih musim panas ini? India? Spanyol? Atau Brasil? Pilihannya ada banyak, jadi sebaiknya segera tentukan tujuan liburan agar bisa berburu tiket promo. Ayo berpetualang dan nikmati keindahan dunia lewat beragam festival yang ditawarkan. Liburanmu kali ini pasti jadi yang paling berkesan!

Festival Holi Di India – Festival Warna-Warni

Festival Holi di India adalah salah satu festival paling berwarna-warni di dunia. Festival ini dirayakan di India bagian utara pada bulan Maret untuk merayakan musim semi dan cinta.

Pada hari pertama Holi, orang India menyalakan api unggun dan melakukan ritual puja untuk menghormati dewa api. Keesokan harinya, orang-orang akan keluar ke jalan dan melemparkan serbuk warna, atau gulal, satu sama lain. Semua orang akan berakhir dengan wajah, rambut, dan pakaian yang diwarnai.

Selama festival berlangsung, orang-orang juga melemparkan air yang dicampur dengan gulal dan mencipratkan satu sama lain dengan pistol air berwarna. Musik tradisional India yang berenergi tinggi diputar dengan keras, dan orang-orang menari dan bernyanyi di jalanan.

Makanan ringan seperti besan ladoos, gujiya, malpuas dan bhang dihidangkan. Minuman khas festival seperti thandai juga disajikan. Semua ini ditujukan untuk merayakan kegembiraan musim semi dan keceriaan.

Holi adalah waktu di mana semua orang dapat melupakan perbedaan kelas, jenis kelamin dan usia mereka. Semua orang berbaur, tertawa, bermain dan bersenang-senang bersama. Tak heran festival ini dijuluki ‘Festival Cinta dan Kegembiraan’.

Karnaval Di Rio De Janeiro, Brasil – Pesta Dansa Terbesar

Karnaval Di Rio De Janeiro adalah pesta tarian terbesar di dunia. Setiap tahun, jutaan orang berkumpul di jalanan Rio untuk menari, bernyanyi, dan berpesta selama 4 hari penuh.

Karnaval dimulai pada hari Jumat sebelum Rabu Abu dan berakhir pada hari Selasa. Selama akhir pekan ini, Rio benar-benar menjadi kota yang tidak tidur. Orang-orang berkumpul dan berpesta sepanjang malam di jalanan dan klub, menari mengikuti musik Samba yang menghentak-hentak kaki.

Desfile Samba

Acara utama adalah Desfile Samba, sebuah parade megah di mana sekolah-sekolah Samba menari dan bernyanyi di atas kendaraan hias yang didekorasi dengan menakjubkan. Setiap sekolah Samba mewakili komunitas khusus di Rio dan menampilkan kostum yang rumit dan detail.

Tak heran jika Karnaval di Rio adalah impian seumur hidup bagi banyak orang. Dengan musik yang menghentak, pakaian yang mencolok, dan suasana pesta yang tak tertandingi, ini adalah perayaan yang tak akan pernah Anda lupakan. Jika Anda ingin bergabung dalam kegilaan yang luar biasa ini, pastikan untuk membeli tiket dan kostum Anda jauh-jauh hari, dan bersiaplah untuk tidak tidur selama 4 hari! Karnaval di Rio adalah pengalaman yang harus Anda alami sekali seumur hidup.

Festival Songkran Di Thailand – Perang Air Raksasa

Festival Songkran di Thailand adalah salah satu festival terbesar di dunia. Setiap tahun di bulan April, jutaan orang berkumpul di jalan-jalan di Thailand untuk merayakan Tahun Baru Thailand dengan cara yang sangat basah! Songkran adalah festival air tradisional ketika orang Thailand saling melempar dan menyiram air untuk membersihkan diri mereka sendiri dan orang lain.

Perang Air Raksasa

Selama tiga hari festival, kota-kota di Thailand berubah menjadi arena perang air raksasa. Orang-orang berkumpul di jalan dan membawa senjata berupa pistol air, selang, bara api, balon air – apa saja yang bisa digunakan untuk membasahi orang lain! Tidak ada yang kebal dari serangan air, jadi bersiaplah untuk basah kuyup. Meskipun bisa jadi kacau, Festival Songkran dirayakan dengan semangat kegembiraan dan keceriaan.

Masyarakat Thailand percaya bahwa dengan menyiram air kepada orang lain saat Songkran, Anda membersihkan diri Anda dari dosa dan kesialan, serta memulai kehidupan baru yang lebih segar. Oleh karena itu, hampir semua orang yang Anda temui akan menyiram atau melemparkan air kepada Anda – jadi siapkan senjata air Anda dan basahi orang-orang di sekitar Anda!

Songkran adalah waktu untuk bersenang-senang, jadi jangan malu dan nikmati momen ini. Bawa pakaian basah, kamera kedap air, dan uang tunai dalam plastik – dan bergabunglah dalam perayaan ini! Dengan musik keras yang berdentum, orang-orang yang tertawa dan air yang menciprat ke mana-mana, Festival Songkran di Bangkok adalah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Up Helly Aa Di Kepulauan Shetland, Skotlandia – Festival Viking

Up Helly Aa adalah festival Viking tahunan yang diadakan pada akhir Januari di Kepulauan Shetland, Skotlandia. Festival ini dimulai pada tahun 1882 dan merupakan salah satu festival paling berwarna di dunia.

Prosesi Cahaya Obor

Prosesi penyalaan obor adalah inti dari festival Up Helly Aa. Sekitar 900 pria dan wanita mengenakan pakaian tradisional Viking, termasuk topi bertanduk, dan membawa obor bakar berjalan melalui jalan-jalan desa. Mereka menyanyikan lagu-lagu tradisional Viking sambil berjalan dan minum bir. Prosesi ini berakhir di tempat di mana sebuah perahu Viking raksasa dibakar sebagai puncak acara.

Pesta Dansa

Setelah prosesi selesai, warga desa dan wisatawan berkumpul di gedung olahraga desa untuk pesta dansa. Mereka berdansa, bernyanyi dan berpesta hingga dini hari. Makanan dan minuman yang ditawarkan, biasanya termasuk sup ikan, daging, kentang, bir dan wiski.

Tradisi Kuno Yang Dilestarikan

Festival Up Helly Aa melestarikan tradisi Viking kuno dengan ritual pembakaran perahu dan prosesi obor. Peserta festival mengenakan pakaian tradisional Viking lengkap dengan topi bertanduk, jubah wol dan sepatu kulit. Mereka juga membawa perisai, pedang dan kapak Viking. Festival ini merayakan warisan Skotlandia yang unik.

Festival Up Helly Aa merupakan salah satu festival paling mengesankan di dunia dengan ritual dan tradisi Viking yang masih dilestarikan hingga kini. Jika Anda ingin menyaksikan festival penuh warna yang unik, Up Helly Aa pantas masuk dalam daftar.

Festival Es Dan Salju Harbin Di Cina – Istana Salju Raksasa

Festival Es dan Salju Harbin di Cina adalah salah satu festival musim dingin paling spektakuler di dunia. Setiap tahun, kota Harbin di provinsi Heilongjiang di utara Cina berubah menjadi kerajaan es. Festival ini menarik lebih dari 10 juta pengunjung dari seluruh dunia yang datang untuk menyaksikan keajaiban es.

Istana Salju Raksasa

Pusat perhatian utama festival ini adalah Istana Salju Raksasa, yang dibangun dari balok es murni. Istana ini memiliki desain yang berbeda setiap tahunnya, dengan menara setinggi 15 meter, lengkap dengan tangga, gerbang, dan selasar. Mengagumkan! Saat malam tiba, istana ini diterangi dengan lampu LED warna-warni yang menambah pesona suasana.

Selain Istana Salju, festival ini juga menampilkan banyak atraksi lain seperti:

  • Taman Salju dengan patung es dan pahatan artistik.
  • Jalanan Es, jalur sepanjang 1 km yang dilapisi es murni untuk bermain ski dan berseluncur.
  • Akrobatik Es, pertunjukan sirkus di atas es.
  • Restoran Es, kafe dan bar yang sepenuhnya terbuat dari es.
  • Festival Cahaya untuk menikmati lampu hias kota.

Festival Es dan Salju Harbin biasanya diadakan dari bulan Januari hingga Februari. Suhu di kota Harbin saat musim dingin bisa mencapai -35°C, jadi bersiaplah dengan pakaian hangat ekstra jika Anda berencana mengunjungi festival ini. Festival ini merupakan pengalaman sekali seumur hidup yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi para pecinta musim dingin dan keindahan alam.

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti semakin penasaran untuk mengunjungi beberapa festival paling berwarna di seluruh dunia ini. Festival-festival ini menawarkan pengalaman unik yang tak akan terlupakan dan akan membuka pikiranmu ke berbagai budaya yang berbeda.

Jadi, apa yang kamu tunggu? Mulailah rencanakan perjalanan untuk menghadiri salah satu festival ini. Kamu bisa mulai dengan festival yang paling dekat dengan tempat tinggalmu atau yang paling menarik minatmu. Atau, kenapa tidak mengunjungi lebih dari satu festival dalam satu perjalanan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap?

Hidup hanya sekali, jadi keluarlah dari zona nyamanmu dan nikmatilah keindahan dan keramaian festival-festival yang menakjubkan ini. Biarkan warna-warni, musik, tarian, kostum, dan makanan khas dari setiap festival memanjakan indera Anda. Pulanglah dengan kenangan tak terlupakan dan cerita yang dapat Anda bagikan kepada teman dan keluarga Anda. Selamat berpetualang dan selamat menikmati festival paling berwarna di dunia!

1 thought on “10 Festival Paling Berwarna di Seluruh Dunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *